ANALISIS ARTIKEL (UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS)
(link artikel, klik gambar) LATAR BELAKANG Pembelajaran sains yang dilaksanakan di Indonesia harus dapat menjawab tantangan abad ke-21 agar dapat bertahan dengan perkembangan teknologi. Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh individu pada abad 21 untuk dapat memecahkan permasalahan. Fisika juga menjadi salah satu ilmu penge-tahuan yang mendasari perkembangan teknologi. Dalam fisika terdapat integrasi antara konsep fisika, konsep matematika, cara merangkai peralatan sehingga menghasilkan teknologi yang inovatif. STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) adalah salah satu alternatif solusi bagi pembelajaran abad 21 sebab STEM dapat memenuhi dimensi-dimensi dalam pembelajaran sains. METODE Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Instrumen asesmen dikembangkan berdasarkan aspek dan indikator literasi sains. Penelitian tersebut ...
Comments
Post a Comment