PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT)

 

ANALISIS ARTIKEL


klik gambar untuk melihat file artikel


LATAR BELAKANG

Banyak guru yang mengalami kebingungan dalam pelaksanaan kurikulum 2013, khususnya dalam penilaian hasil belajar siswa. Penilaian autentik dalam hal ini sangat diperlukan, namun pedoman penilaian belum disosialisasikan dan dikuasai oleh guru secara keseluruhan.

SOLUSI DALAM PENELITIAN
Untuk menjawab permasalahan di atas, maka peneliti melakukan pengembangan alat penilaian autentik dalam pembelajaran fisika untuk kelas 1 SMA dengan model Four-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Diharapkan alat penilaian autentik tersebut efektif dan sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran Fisika di SMA.

Penelitian ini dilakukan di Program Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo  (untuk pengembangan alat penilaian autentik) dan di SMAN 1 Kwandang (untuk pengujian kit pengembangan produk penilaian autentik). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. 


HASIL PENELITIAN
Penilaian autentik SMA pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik yang telah dikembangkan dinilai layak, efektif, dan praktis digunakan untuk mengukur hasil belajar Fisika SMA kelas X. Kriteria layak didapatkan berdasarkan penilaian dan pemeriksaan dari ahli/validator yang ditunjukkan dengan persentase skor rata-rata kelayakan 91,35% dan reliabilitas 0,82, serta persentase skor rata-rata kepraktisan 83,85%. Hasil belajar juga memperoleh persentase ketuntasan sebesar 80%.


Pendapat terkait artikel
-Perlu adanya referensi terkait penelitian-penelitian sejenis sebelumnya
-Tools/aplikasi buatan penulis perlu penjelasan lebih rinci agar pembaca dapat memahami apa yang peneliti buat dan lakukan dengan baik 











Comments

Popular posts from this blog

ANALISIS ARTIKEL ASESMEN PENGUASAAN KONSEP

ANALISIS ARTIKEL (UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS)