REVIEW ARTIKEL UJI KOMPARATIF

 


LATAR BELAKANG
Eksperimen merupakan salah satu kegiatan proses pembelajaran yang sangat berperan dalam meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar khususnya dalam mata pelajaran sains. Metode pembelajaran dengan praktikum dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk belajar mandiri dan aktif sehingga dapat merekonstruksi hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika peserta didik.

METODE
Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA 9 SMA Negeri 9 Makassar. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh X-MIA 9 sebagai kelas eksperimen 1 dan X-MIA 6 sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing terdiri dari 28 peserta didik. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah metode eksperimen dan variabel terikat adalah hasil belajar Fisika.

HASIL PENELITIAN
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial, maka hasil yang diperoleh pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil tes hasil belajar fisika peserta didik kelas X-MIA 9 SMA Negeri 9 Makassar memperlihatkan perbandingan skor hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode eksperimen dominan berada pada kategorisasi sedang sedangkan hasil skor hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode diskusi sebagai pembelajaran konvensional dominan berada pada kategorisasi rendah. Hasil analisis selanjutnya adalah analisis inferensial yang pertama untuk uji normalitas yang menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Analisis yang kedua yaitu uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X-MIA 9 SMA Negeri 9 Makassar.  

Comments

Popular posts from this blog

ANALISIS ARTIKEL ASESMEN PENGUASAAN KONSEP