REVIEW ARTIKEL UJI KOMPARATIF
LATAR BELAKANG
Eksperimen merupakan salah satu kegiatan proses pembelajaran yang sangat berperan dalam
meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar khususnya dalam mata pelajaran sains. Metode
pembelajaran dengan praktikum dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat
mendorong peserta didik untuk belajar mandiri dan aktif sehingga dapat merekonstruksi hasil
belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil
belajar fisika peserta didik.
METODE
Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Posttest-Only
Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA 9 SMA
Negeri 9 Makassar. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh X-MIA 9 sebagai
kelas eksperimen 1 dan X-MIA 6 sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing terdiri dari 28 peserta
didik. Variabel yang diteliti dalam penelitian
ini adalah variabel bebas dan variabel terikat.
Variabel bebas adalah metode eksperimen
dan variabel terikat adalah hasil belajar
Fisika.
HASIL PENELITIAN
Berdasarkan
analisis
yang
telah
dilakukan dengan menggunakan analisis
statistik deskriptif dan inferensial, maka hasil
yang diperoleh pada analisis deskriptif
menunjukkan bahwa hasil tes hasil belajar
fisika peserta didik kelas X-MIA 9 SMA
Negeri
9
Makassar
memperlihatkan
perbandingan skor hasil belajar fisika peserta
didik yang diajar dengan menggunakan
metode eksperimen dominan berada pada
kategorisasi sedang sedangkan hasil skor
hasil belajar fisika peserta didik yang diajar
dengan menggunakan metode diskusi sebagai
pembelajaran konvensional dominan berada
pada kategorisasi rendah. Hasil analisis selanjutnya adalah analisis
inferensial yang pertama untuk uji normalitas
yang menunjukkan bahwa kedua kelas
tersebut
berasal
dari
populasi
yang
berdistribusi normal. Analisis yang kedua
yaitu uji hipotesis yang menunjukkan bahwa
nilai thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen
terhadap hasil belajar fisika peserta didik
kelas X-MIA 9 SMA Negeri 9 Makassar.
Comments
Post a Comment