REVIEW ARTIKEL ANCOVA

 


LATAR BELAKANG
Wabah virus corona (covid-19) yang melanda telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan. Kondisi ini mengharuskan siswa dan tenaga pendidik untuk tetap stay at home, bekerja, belajar dan melakukan aktivitas apapun di rumah. Hal ini secara tidak langsung mempercepat penerapan pendidikan 4.0 dan tuntutan kurikulum yang mengintegrasikan penggunaan TIK pada semua mata pelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kolaboratif, dimana keunggulan yang ditawarkan tidak hanya terletak pada faktor kecepatan dan kemudahan mendapatkan informasi atau sumber materi, namun beberapa fasilitas multimedia yang terdapat didalamnya dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih seru dan interaktif. Salah satunya dengan menggunakan Learning Management System (LMS) dengan menggunakan pembelajaraan kooperatif yang dapat membangun semangat dan minat belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah Think Write Pair Share (TWPS) yang diintegrasikan kedalam Learning management system (LMS). LMS yang digunakan dalam penelitian ini adalah Schoology.

METODE
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, model desain penelitian ini controled group pre test post test design yaitu rancangan secara acak dengan tes awal dan tes akhir dengan kelompok kontrol, kelas eksperimen diberi perlakuan sedangkan kelas kontrol tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif informal Think Write Pair and Share (TWPS) berbantuan aplikasi Schoology terhadap minat belajar siswa siswa SMAN 1 Sape. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol akan diberikan instrumen untuk mengukur hasil belajar (berupa soal) dan angket minat belajar model (ARCS), kemudian kelompok eksperimen akan diberikan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Write Paire Share berbantuan LMS (Schoology) selama waktu yang ditentukan, sedangkan kelompok kontrol akan diberikan pembelajaran secara konvensional. Setelah semua data didapatkan maka hasil akhir dari data yang didapat akan diolah menggunakan ANCOVA.

HASIL PENELITIAN
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif Think Write Pair Share berbantuan LMS terhadap minat siswa dalam belajar Fisiska. Schoology merupakan LMS yang mudah digunakan karena mudah digunakan ditambah dengan fasilitas penunjang yang terdapat di dalamnya, dapat diakses oleh banyak kalangan, seperti guru, murid maupun orang tua murid, dan yang paling penting Schoology dapat diakses secara gratis, apalagi jika digabungkan menggunakan model. pembelajaran kooperatif seperti Think Write Pair Share.

Comments

Popular posts from this blog

ANALISIS ARTIKEL ASESMEN PENGUASAAN KONSEP