REVIEW ARTIKEL ANCOVA
LATAR BELAKANG
Wabah virus corona (covid-19) yang melanda
telah memberikan tantangan tersendiri bagi
lembaga pendidikan. Kondisi ini mengharuskan
siswa dan tenaga pendidik untuk tetap stay at
home, bekerja, belajar dan melakukan aktivitas
apapun di rumah. Hal ini secara tidak langsung
mempercepat penerapan pendidikan 4.0 dan
tuntutan kurikulum yang mengintegrasikan
penggunaan TIK pada semua mata pelajaran
untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif
dan kolaboratif, dimana keunggulan yang ditawarkan tidak hanya terletak pada faktor
kecepatan dan kemudahan mendapatkan
informasi atau sumber materi, namun beberapa
fasilitas multimedia yang terdapat didalamnya
dapat membuat proses pembelajaran menjadi
lebih seru dan interaktif. Salah
satunya dengan menggunakan Learning
Management System (LMS) dengan menggunakan pembelajaraan kooperatif yang dapat
membangun semangat dan minat belajar siswa.
Model pembelajaran kooperatif yang digunakan
adalah Think Write Pair Share (TWPS) yang
diintegrasikan kedalam Learning management
system (LMS). LMS yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Schoology.
METODE
Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu, model desain penelitian ini
controled group pre test post test design yaitu
rancangan secara acak dengan tes awal dan tes
akhir dengan kelompok kontrol, kelas eksperimen diberi perlakuan sedangkan kelas
kontrol tidak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif
informal Think Write Pair and Share (TWPS)
berbantuan aplikasi Schoology terhadap minat
belajar siswa siswa SMAN 1 Sape. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
akan diberikan instrumen untuk mengukur hasil
belajar (berupa soal) dan angket minat belajar
model (ARCS), kemudian kelompok eksperimen
akan diberikan pengajaran dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif Think Write
Paire Share berbantuan LMS (Schoology) selama
waktu yang ditentukan, sedangkan kelompok
kontrol akan diberikan pembelajaran secara
konvensional. Setelah semua data didapatkan
maka hasil akhir dari data yang didapat akan
diolah menggunakan ANCOVA.
HASIL PENELITIAN
Hasil analisis menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran
kooperatif Think Write Pair Share berbantuan
LMS terhadap minat siswa dalam belajar
Fisiska. Schoology merupakan LMS yang
mudah digunakan karena mudah digunakan
ditambah dengan fasilitas penunjang yang
terdapat di dalamnya, dapat diakses oleh
banyak kalangan, seperti guru, murid maupun
orang tua murid, dan yang paling penting
Schoology dapat diakses secara gratis, apalagi
jika digabungkan menggunakan model.
pembelajaran kooperatif seperti Think Write
Pair Share.
Comments
Post a Comment