REVIEW ARTIKEL MANCOVA
LATAR BELAKANG
Sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) yang berkembang saat ini,
maka dosen dituntut untuk mampu
menentukan metode atau media
pembelajaran yang tepat. Sampai saat
ini pemilihan media pembelajaran
yang berbasis teknologi masih jarang
diterapkan terutama pada beberapa
mata kuliah fisika yang dianggap
tidak dapat tersampaikan dengan baik
jika disampaikan dengan multimedia.
Oleh karena itu, sebagai seorang
pengajar, dosen harus lebih mampu
merangsang terjadinya proses
berpikir, membantu tumbuhnya sikap
kritis, serta mengubah paradigma
mahasiswanya.
Untuk
mengembangkan media pembelajaran
perlu diperhatikan prinsip VISUALS
yang menggambarkan singkatan dari
kata-kata visible, interesting, simple,
useful, accurate, legitimate dan
structured (Nurseto, 2011).
Perkembangan digital book
mendorong terjadinya perpaduan
antara teknologi cetak dengan
teknologi komputer dalam kegiatan
pembelajaran. Digital book
merupakan bentuk penyajian media
belajar buku dalam bentuk virtual.
Kvisoft Flipbook Maker adalah
perangkat lunak yang handal yang
dirancang untuk mengkonversi file
PDF ke halaman balik publikasi
digital atau digital book. Perangkat
lunak ini dapat mengubah tampilan
file PDF menjadi lebih menarik
seperti layaknya sebuah buku.
Agar mahasiswa merasa lebih tertarik
belajar fisika, mudah memahami
materi perkuliahan, serta dapat dipelajari
dimana saja secara cepat dan efisien, alternatif yang digunakan
peneliti untuk menyikapi kenyataan
tersebut adalah menerapkan media
pembelajaran fisika digital book
dengan memanfaatkan kvisoft
flipbook pada mata kuliah Kapita
Selekta Fisika Sekolah II. Pemilihan mata Kuliah Kapita
Selekta Fisika Sekolah II ini
didasarkan pendapat beberapa
mahasiswa yang merasa bahwa mata
kuliah tersebut cukup membosankan.
METODE
Penelitian ini merupakan
penelitian penerapan yaitu
menerapkan metode pembelajaran
dengan menggunakan media
pembelajaran digital book dengan
kvisoft flipbook maker. Materi
perkuliahan dibuat dalam bentuk
digital book. Subjek penelitian yaitu
mahasiswa program studi pendidikan
fisika semester VI. Sampel yang
digunakan adalah 36 mahasiswa
untuk kelas eksperimen dan 38
mahasiswa untuk kelas kontrol.
Analisis hasil belajar dengan
analisis MANCOVA dua arah dengan
satu kovariat. Analisis ini
dimaksudkan untuk mengetahui
pengaruh penerapan media
pembelajaran fisika digital book
dengan memanfaatkan kvisoft
flipbook maker terhadap pemahaman
konsep dan minat belajar mahasiswa.
HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian menunjukkan
terdapat pengaruh penggunaan digital book terhadap pemahaman
konsep dan hasil belajar mahasiswa dari rata-rata 70 untuk kelas
kontrol (gain ternormalisasi 0,4) menjadi 84 untuk kelas eksperimen
(gain ternormalisasi 0,7).
Comments
Post a Comment