REVIEW ARTIKEL MANCOVA

 


LATAR BELAKANG
Sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang berkembang saat ini, maka dosen dituntut untuk mampu menentukan metode atau media pembelajaran yang tepat. Sampai saat ini pemilihan media pembelajaran yang berbasis teknologi masih jarang diterapkan terutama pada beberapa mata kuliah fisika yang dianggap tidak dapat tersampaikan dengan baik jika disampaikan dengan multimedia. Oleh karena itu, sebagai seorang pengajar, dosen harus lebih mampu merangsang terjadinya proses berpikir, membantu tumbuhnya sikap kritis, serta mengubah paradigma mahasiswanya.
Untuk mengembangkan media pembelajaran perlu diperhatikan prinsip VISUALS yang menggambarkan singkatan dari kata-kata visible, interesting, simple, useful, accurate, legitimate dan structured (Nurseto, 2011). Perkembangan digital book mendorong terjadinya perpaduan antara teknologi cetak dengan teknologi komputer dalam kegiatan pembelajaran. Digital book merupakan bentuk penyajian media belajar buku dalam bentuk virtual. Kvisoft Flipbook Maker adalah perangkat lunak yang handal yang dirancang untuk mengkonversi file PDF ke halaman balik publikasi digital atau digital book. Perangkat lunak ini dapat mengubah tampilan file PDF menjadi lebih menarik seperti layaknya sebuah buku.
Agar mahasiswa merasa lebih tertarik belajar fisika, mudah memahami materi perkuliahan, serta dapat dipelajari dimana saja secara cepat dan efisien, alternatif yang digunakan peneliti untuk menyikapi kenyataan tersebut adalah menerapkan media pembelajaran fisika digital book dengan memanfaatkan kvisoft flipbook pada mata kuliah Kapita Selekta Fisika Sekolah II. Pemilihan mata Kuliah Kapita Selekta Fisika Sekolah II ini didasarkan pendapat beberapa mahasiswa yang merasa bahwa mata kuliah tersebut cukup membosankan.

METODE
Penelitian ini merupakan penelitian penerapan yaitu menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran digital book dengan kvisoft flipbook maker. Materi perkuliahan dibuat dalam bentuk digital book. Subjek penelitian yaitu mahasiswa program studi pendidikan fisika semester VI. Sampel yang digunakan adalah 36 mahasiswa untuk kelas eksperimen dan 38 mahasiswa untuk kelas kontrol. Analisis hasil belajar dengan analisis MANCOVA dua arah dengan satu kovariat. Analisis ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran fisika digital book dengan memanfaatkan kvisoft flipbook maker terhadap pemahaman konsep dan minat belajar mahasiswa.

HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan digital book terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar mahasiswa dari rata-rata 70 untuk kelas kontrol (gain ternormalisasi 0,4) menjadi 84 untuk kelas eksperimen (gain ternormalisasi 0,7).

Comments

Popular posts from this blog

ANALISIS ARTIKEL ASESMEN PENGUASAAN KONSEP