PERMASALAHAN DAN SOLUSI YANG DITAWARKAN Beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa belum menguasai konsep fluida statis dengan baik. Terkait tekanan hidrostatis, siswa menganggap bahwa permukaan area air memengaruhi tekanan hidrostatis. Ada juga yang menganggap bahwa semakin besar luas permukaan benda yang dimasukkan ke dalam zat cair, semakin besar pula tekanan hidrostatisnya. Selain itu, benda mengalami tekanan hidrostatis ketika berada di tengah kedalaman karena pada posisi ini benda mendapat tekanan dari permukaan dan dasar air. Terkait Hukum Pascal, siswa kesulitan untuk menghubungkan konsep tekanan dengan Hukum Pascal. Pembelajaran STEM dianggap mampu menyiapkan siswa untuk menghadapi abad 21 karena pembelajaran STEM menuntut siswa untuk merekonstruksi pengetahuan, berkolaborasi, memecahkan masalah, belajar melalui perancangan, melakukan konstruksi, dan menggunakan teknologi. Beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa pembelajaran STEM berhasil mela...
(link artikel, klik gambar) LATAR BELAKANG Pembelajaran sains yang dilaksanakan di Indonesia harus dapat menjawab tantangan abad ke-21 agar dapat bertahan dengan perkembangan teknologi. Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh individu pada abad 21 untuk dapat memecahkan permasalahan. Fisika juga menjadi salah satu ilmu penge-tahuan yang mendasari perkembangan teknologi. Dalam fisika terdapat integrasi antara konsep fisika, konsep matematika, cara merangkai peralatan sehingga menghasilkan teknologi yang inovatif. STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) adalah salah satu alternatif solusi bagi pembelajaran abad 21 sebab STEM dapat memenuhi dimensi-dimensi dalam pembelajaran sains. METODE Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Instrumen asesmen dikembangkan berdasarkan aspek dan indikator literasi sains. Penelitian tersebut ...
Comments
Post a Comment