REVIEW ARTIKEL STATISTIKA INFERENSIAL (ASOSIATIF)
LATAR BELAKANG
Pada era abad 21 saat ini IPTEK berkembang sangat pesat, dimana segala sesuatu dapat diukur dengan menggunakan teknologi. Menyadari kompleksitas tantangan di masa depan, komisi bidang pendidikan UNESCO merekomendasikan 4 pilar pendidikan yang dapat dijadikan sebagai landasan pendidikan meliputi: (1) learning to know, yaitu belajar untuk mengetahui dengan cara menggali pengetahuan dari berbagai informasi; (2) learning to do, yaitu belajar untuk melakukan suatu tindakan atau mengemukakan ide-ide; (3) learning to be, yaitu belajar untuk mengenali diri sendiri dan beradaptasi dengn lingkungan; dan (4) learning to live together, yaitu belajar untuk menjalani hubungan bersama masyarakat yang saling bergantung, sehingga mampu bersaing secara sehat dan bekerja sama serta mampu menghargai orang lain. Tren pembelajaran sains abad 21 idealnya diarahkan pada 4 komponen yaitu: communication, collaboration, critical thinking & problem solving, creativity & innovation. Berdasarkan 4 komponen tersebut maka dalam pembelajaran diperlukan adanya keaktifan belajar peserta didik. Sehubungan dengan pentingnya sikap dan keaktifan belajar pada pembelajaran di abad 21 ini maka perlu dilakukan penelitian mengenai sikap dan keaktifan belajar untuk mengetahui korelasi sikap dan keaktifan belajar khususnya pada mata pelajaran IPA.
METODE PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan menggunakan desain explanatory. Pada penelitian ini menggunakan metode asosiatif jenis korelasional. Penelitian asosiatif adalah penelitian yang digunakan untuk mencari hubungan antara satu atau lebih variabel dependen dengan variabel independen. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini meliputi peserta didik kelas VII, VIII, dan IX SMPN 18 Kota Jambi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 147 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster sampling. Prosedur penelitian ini dimulai dengan menyebarkan angket, dokumentasi, dan wawancara.
HASIL PENELITIAN
Berdasarkan data hasil uji Correlations atau uji hubungan dengan menggunakan SPSS.25 dari tabel Correlation Pearson dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,046. Nilai ini menunjukkan bahwa nilai sig < α = 0,046 < 0,05, maka Ho ditolak atau dapat dikatakan terdapat hubungan antara sikap dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 18 Kota Jambi.
Hasil wawancara untuk indikator sikap terhadap penyelidikan IPA siswa mengatakan bahwa menyukai kegiatan praktikum, karena dengan melakukan praktikum atau percobaan materi yang dijelaskan menjadi lebih mudah untuk dipahami dan kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Selan-jutnya wawancara dengan siswa untuk indicator ketertarikan memperbanyak waktu belajar IPA, siswa yang berada pada kategori tidak baik mengatakan bahwa mereka lebih suka menggunakan waktu luangnya untuk melakukan hal lain dibandingkan membaca buku tentang IPA untuk menambah penge-tahuan mereka. Sedangkan siswa yang menjawab dengan kategori baik mengatakan bahwa mereka ingin manambah waktu belajar IPA, karena IPA merupakan mata pelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan.
Comments
Post a Comment